Nutrisi Ibu Hamil

Ciri-ciri orang hamil. Sebagai calon orang tua dan orang tua memang memiliki tanggung jawab yang sangat besar lho bunda, dari mengandung sampai dewasa. Nah saya mau share dulu yah tentang nutrisi ibu hamil sebagai kewajiban bunda selama mengandung si kecil.
Untuk tumbuh kembang optimal, si kecil membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup, diantara nilai gizi itu adalah:
1 karbohidrat dan lemak.
Kedua jenis bahan ini berfungsi sebagai bahan bakar bunda yang hasilnya berupa kalori, ibarat motor, kedua bahan ini seperti bensinnya. Karbohidrat dan lemak secara alami bisa didapatkan dari cereal dan umbi-umbian.

2 vitamin E
Vitamin E juga berperan sebagai nutrisi ibu hamil vitamin E ini membantu menghasilkan sel darah yang baik, dan sumbernya bisa bunda dapatkan dengan mengkonsumsi sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak sayur.

3 kalsium
Kalsium berperan dalam pembentukan tulang dan gigi janin. Dan terdapat mekanisme yang bisa berbahaya lho bunda jika sampai kurang mengkonsumsi kalsium. Begini, jika si kecil kekurangan kalsium, maka tubuh bunda akan memberikan kalsium tersebut yang diambil dari tulang bunda, jika hal ini terjadi maka bunda bisa terkena penyakit kerapuhan tulang (osteoporosis), so cukupi mengkonsumsi kalsium. Sumber kalsium bisa bunda peroleh dari sayuran hijau dan kacang-kacangan, juga susu.

4 vitamin B kompleks
Di alam vitamin B kompleks bisa didapatkan dari telur, produk susu, biji-bijian, serealia, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Sementara itu fungsi dari vitamin B komplek ini adalah untuk menjaga otot, saraf, dan jantung agar berfungsi secara normal.

Nah bunda itu dulu yah, karena sebenarnya masih ada yang laen, insya Allah nanti saya sambung bahasannya.

Artikel yang berhubungan:
video senam hamil
tips cepat hamil

1 komentar: