Pantangan Ibu Hamil

Ciri-ciri orang hamil. Menjaga buah hati sudah menjadi keharusan bunda dan pasangan, tapi tentu bunda dan ayah memiliki sisi yang berbeda, dan kewajiban bunda menjaganya memiliki porsi yang lebih banyak, so itulah bunda, bunda harus tau dan memahami apa saja yang menjadi pantangan ibu hamil.

Kita di sini tidak berbicara mitos ya bun, karena beda daerah mungkin memiliki kepercayaan yang berbeda-beda, bahkan bisa jadi malah saling bertabrakan. Oke bun ini ada beberapa poin yang saya ringkas untuk oleh-oleh bunda dan keluarga:

Pertama, jangan mengangkat beban berat.
Hal ini dikarenakan timbulnya tekanan pada bagian punggung bunda, apalagi kalo perut bunda sudah mulai membesar, minta tolonglah pada orang lain untuk mengangkat barang tersebut.

Kedua, jangan mengkonsumsi alcohol dan rokok. 
Kedua jenis barang ini sepertinya sudah umum, dan telah terbukti dalam banyak penelitian, dalam kondisi tertentu konsumsi alcohol dan rokok ini bisa menyebabkan cacat fisik dan mental pada bayi.

Ketiga, membersihkan kandang kucing atau anjung.
Hal ini juga menjadi pantangan ibu hamil, minta tolong pada orang lain untuk mengerjakannya, karena kondisi yang tidak steril ini bunda bisa memperbesar resiko toksoplasmosis, yang bisa membahayakan buah hati bunda.

Keempat, makanan mentah.
Makanan mentah bisa menjadi ancaman buat buah hati bunda, yah namanya makanan mentah bun, banyak zat yang seharusnya dikonsumsi matang dan juga kemungkinan adanya bakteri coliform, salmonella dan juga parasit toksiplasmosis. Jika bunda mau mengkonsumsi lalapan, pastikan sayuran sudah dicuci dengan bersih. Nah contoh makanan mentah itu antara lain: sushi, seafood, daging dan juga unggas.



Kelima, jangan menggunakan alat pembersih kelamin wanita.
Penggunaan alat pembersih ini sebaiknya tidak bunda gunakan, karena hal ini akan menyebabkan adanya jamur dan juga kelainan kandung kemih.

Keenam, jangan mengkonsumsi kafein.
Kafein juga menjadi pantangan ibu hamil, karena kafein ini berfungsi memepercepat denyut jantung, dan ini akan dialami oleh buah hati bunda juga, karena darah bunda akan mengalir ke janin juga, selain efek tersebut, kafein juga bisa membuat tubuh kurang bisa menyerap zat besi, sementara buah hati bunda dan bunda sendiri malah membutuhkan zat besi ini.

Ketujuh, jangan mengecat rambut.
Lho apa hubungannya cat rambut sama janin yah….? Kok bis jadi pantangan ibu hamil….?, bunda ternyata American Pregnancy Association juga menuturkan sedikit pewarna yang bersentuhan dengan kulit bisa diserap tubuh dan masuk ke dalam aliran darah, dan ini bisa meningkatkan risiko neuroblastoma.

Nah kalo bunda ada tambahan informasi tentang pantangan ibu hamil, ayo kita corat-coret di sini yah……

3 komentar: